Peluang Bisnis dan Cara Membuka Usaha Bimbingan Belajar Modal 5 Juta

Peluang Bisnis dan Cara Membuka Usaha Bimbingan Belajar Modal 5 Juta Peluang bisnis membuka bimbingan belajar adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan dari rumah. Terlebih bagi anda yang saat ini menjadi ibu rumah tangga, dan sedang sibuk-sibuknya mengurus keluarga terutama pertumbuhan anak. Bimbingan belajar kini semakin marak apalagi setelah ada keputusan dari pemerintah terkait standar kelulusan. Akibat dari Standar kelulusan itu, banyak orang tua yang takut jika anak-anaknya tidak lulus dan harus mengulang lagi. Maka pilihan utama adalah memasukkan sang anak ke tempat les belajar. 

Bahkan di pedesaan pun yang awalnya adem-adem saja, mulai tergerak mencari guru pembimbing untuk anaknya. Bukan itu saja, mahalnya uang kulian di perguruan swasta dan keinginan untuk masuk perguruan Negeri membuat orang tua rela memasukkan anak-anak ke tempat bimbingan belajar mulai kelas satu SMA. Belum lagi munculnya sekolah-sekolah berlabelkan favorit yang menjamin kelulusan, dengan menyediakan beberapa fasilitas-fasilitas unggulan yang tidak tersedia disekolah biasa. 

Sementara orang tua sibuk mencari uang, mereka pun tak punya pilihan memilih les privat atau bimbingan belajar yang sudah banyak terbuka. Pada umumnya tempat bimbingan belajar itu akan terkenal apabila berpengalaman menghasilkan tamatan seperti masuk ke Perguruan Negeri atau favorit dan sekolah Negeri atau favorit dan biayanya pun semakin mahal. Karena Guru pengajarnya pun pasti yang sudah berpengalaman dan pintar. 
Artinya apa? Membuka usaha bimbingan belajar harus dapat membuktikan diri bahwa anda mampu membawa anak-anak mereka ketempat yang mereka inginkan. Ingat, usaha ini adalah usaha jasa dimana diutamakan sejak harus memastikan tempat yang anda buka bisa dipercaya, nyaman dalam hal memberikan layanan pengajaran bagi siswa-siswi yang membutuhkan.

Memulai usaha bimbingan belajar saat ini merupakan salah satu tren dan populer di kalangan pecinta dunia pendidikan. Prospeknya yang tinggi karena tingginya tuntutan pendidikan jaman sekarang, membuat bisnis bimbingan belajar mempunyai peluang besar. Tidak perlu modal besar. Apalagi anda mempunyai beberapa teman yang memiliki keahlian berbeda-beda, atau tamatan dari keguruan. 

Atau anda bersama teman bisa memilih lembaga bimbingan belajar dengan sistem waralaba, artinya anda tidak perlu repot mempersiapkan mulai dari nol. Anda hanya perlu mempersiapkan modal awalnya. Anda hanya perlu konsisten untuk melanjutkannya. 

Nah, bagi ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha ini. Ada baiknya memulai dari menjadi guru privat dirumah anda sendiri. Pastikan murid itu sendiri yang datang ke rumah anda. Jangan takut, banyak anak yang tidak suka bergabung dengan bimbingan belajar yang banyak dalam satu kelas. 

Bimbingan belajar adalah usaha yang menjanjikan bagi seorang calon mompreneur. Berikut dibawah ini kami paparkan cara membuka usaha bimbel mulai dari persiapan, pelaksanaan, promosi hingga analisis usaha.

1) Persiapan
Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka usaha bimbel ;
  • Lebih baik jika anda mempunyai pengalaman sebagai guru atau pengalaman mengajar. Namun, walaupun belum pernah, ada banyak cara untuk mempelajarinya yang bisa didapatkan melalui teman-teman, buku, dan bahkan dari internet
  • Ilmu sebagai modal awal untuk mengajar di tempat bimbel anda sendiri. Banyak orang yang pintar, tapi tidak pandai mengaplikasikannya kepada orang atau kurang paham cara membagikan ilmu yang dimiliki kepada orang lain. Persiapkan diri anda seperti bagaimana cara mendekai anak-anak, bagaimana cara mengajar yang benar agar si murid anda mudah memahami, cara berkomunikasi yang baik dan memotivasi mereka. 
  • Seorang tentor atau pembimbing harus memiliki kepercayaan diri dan cara pengajaran yang mudah dimengerti
  • Menyediakan kursi, papan tulis, spidol, buku-buku pelajaran dan kertas-kertas
  • Membuat ruangan khusus agar murid anda nyaman saat belajar. Apalagi jika berada dalam rumah sendiri. Tapi karena sifatnya bimbel, lebih baik menyewa sebuah tempat khusus, dan sediakan juga kipas angin dan proyektor 
  • Mempersiapkan kurikulum pendukung, agar sistem pengajaran teratur dan sesuai dengan sistem pengajaran disekolah.

Pelaksanaan
  • Mencari SDM yang terampil dan berpengalaman yang akan membantu anda jika murid anda lebih dari sepuluh orang. Tapi balik lagi, jika anda masih mampu mengatasinya, maka tidak perlu menggunakan orang lain.
  • Memotivasi diri dengan cara mengikuti training-training motivasi, membaca buku motivasi.
  • Mengasah keterampilan berkomunikasi yang baik, agar dalam penyampaian materi mudah dipahami murid.
Promosi dan Pemasaran
Pemasaran dan promosi bimbel dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini :
  • Promosi dengan membagikan brosur di sekolah-sekolah. Sebaiknya dilakukan saat masuk sekolah dan pulang sekolah. Tapi bisa juga bekerja sama dengan sekolah, langsung promosi ke setiap kelas. Ingat juga, brosurnya jangan sembarangan, desainlah dengan semenarik mungkin.
  • Karena ini dilakukan dirumah sendiri, usahakan yang pertama promosikan ke pada masyarakat sekitar. Mungkin anda bisa mencoba dengan trik memberikan potongan uang les bagi anak yang kurang mampu atau anak yang disekitar tempat tinggal anda.
  • Pemasaran dengan online, seperti membuat website sendiri atau melalui media sosial.
  • Pemasaran melalui mulut ke mulut walaupun sebenarnya cara ini kurang efektif melihat banyaknya saat ini bimbel yang sudah boleh dikatakan sangat dipercayai masyarakat. 
Hambatan 
Berikut adalah beberapa hambatan-hambatan yang muncul saat berjalannya usaha ini ;
  • Tidak ada anak-anak yang datang mendaftar
  • Hambatan yang datang dari siswa seperti rasa malas dan bosan dalam belajar. 
  • Jam pelajaran bentrok dengan mengurus rumah tangga. Apalagi jika bimbingan belajar anda semakin banyak diminati orang.

Analisis Usaha
  • Modal Awal
Peralatan              
Kursi 15 x @Rp 250.000       Rp 3.750.000 (ini hanya asumsi karena harga kursi dibeda tempat mungkin berbeda)
Papan tulis                             Rp   750.000
Total                                                            Rp 4.500.000,00

  • Perlengkapan
Spidol 5 x @Rp 20.000       Rp 100.000
Penghapus White Board       Rp  10.000
Buku-buku pelajaran         Rp 250.000
Jumlah Rp 360.000

  • Perhitungan Laba/Rugi perbulan

Pendapatan : Iuran 15 anak x @150.000 = Rp2.250.000,00 (dengan asumsi Rp150.000/orang untuk 8 kali pertemuan)

   
Biaya-biaya Pengeluaran Per bulan
  • Listrik  Rp 150.000
  • Potokopi kertas  Rp 100.000
  • Biaya Perlengkapan  Rp 360.000
  • Biaya tak terduga  Rp 150.000
Jumlah Rp760.000,00


Maka Laba/(rugi) bersih = Pendapatan (2.250.000) - Biaya2 (760.000) = Rp1.490.000,00

Perlu di ingat analisis usaha diatas kami buat apabila anda membukanya dirumah sendiri, yang artinya tanpa mengeluarkan biaya untuk sewa tempat. Apabila anda berencana menyewa tempat tersendiri, iya anda tinggal memasukkan biaya sewa setiap bulan untuk mendapatkan pendapatan bersih setiap bulan. Tapi karena ini kami tujukan pada ibu rumah tangga, tentu bimbelnya tidak menyewa tempat karena dilakukan dirumah sendiri.

Setelah melihat analisis usaha yang kami paparkan di atas, mungkin anda semakin tertarik. Berikut beberapa dibawah ini tips memulai usaha bimbingan belajar mulai dari nol :
  • 1) Jika harus menyewa tempat, pastikan memilih lokasi yang ideal, dekat sekolah, paling tidak tempatnya dilewati oleh angkutan umum
  • 2) Melakukan Survey pada tempat bimbel lain. Sehingga anda bisa mengambil kelemahan tempat lain menjadi keunggulan ditempat anda sendiri. Bisa dengan pura-pura minta brosur, atau bertanya informasi tentang tempat bimbel tersebut.
  • 3) Pastikan anda sudah membuat konsep dengan jelas, agar orang tua pun mengerti dan yakin memasukkan anaknya ketempat anda.
  • 4) Yakinkan orang tua bahwa anda mampu mendidik anak mereka menjadi lebih baik
  • 5) Pastikan tempat bimbel anda dibagi sesuai kelas masing-masing, tidak disatukan. Sehingga murid-murid merasa nyaman saat belajar

0 Response to "Peluang Bisnis dan Cara Membuka Usaha Bimbingan Belajar Modal 5 Juta"

Post a Comment