Peluang Usaha Rumah Tangga Bisnis Jualan Kaos Daerah

Peluang Bisnis FashionKaos oblong atau disebut juga sebagai T-shirt adalah jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Secara umum kaos tidak memiliki kancing, kerah, saku dan berlengan pendek. Kaos cocok dipakai oleh wanita, pria dan semua golongan usia. Sementara kaos daerah adalah kaos yang menyertakan desain khas suatu daerah tertentu. Biasanya ini banyak ditemukan di daerah-daerah wisata, tapi kini untuk mendapatkan kaos daerah, anda sudah bisa menjumpainya di toko distro-distro. Sudah banyak distro yang menjual pakaian dari berbagai daerah. 

Dunia fashion yang setiap waktu berubah, membuat bisnis dibidang fashion sangat menjanjikan untuk menjadikan usaha ini sebagai ladang meraup keuntungan. Setiap waktu pasti bermunculan trend-trend baru di dunia fashion. Tak ketinggalan kaos daerah yang sudah dimodifikasi dengan sangat bagus, mulai dari desainnya, dan kualitasnnya. Sehingga dapat dipakai kemana saja.

Kaos distro memang banyak peminatnya, tidak hanya anak muda, tapi juga sudah menyebar ke pria dewasa, wanita dan orang tua. Yang penting anda pintar membuat desain yang unik dan diterima segala kalangan.

Dipinggir jalan menuju tempat wisata banyak kita jumpai penjual kaos-kaos daerah. Kalau dulu desainnya hanya gambar tempat wisata, kini mereka memodifikasi dengan lebih menarik dan lebih unik.

Modal yang dikeluarkan untuk usaha distro memang cukup besar, tapi jangan takut. Ada banyak cara memulai bisnis distro kaos daerah apalagi anda mempunyai skill atau keahlian desain grafis.

Salah satu caranya adalah sistem pre order (PO). Pre Order adalah dimana anda menjual kaos yang belum jadi (hasil desain), kaos akan diproduksi setelah ada pemesasan dengan jumlah tertentu. 
Bagaimana caranya ?
  • Pertama : Cari Konveksi yang mau diajak kerja sama. Tapi disini anda harus memiliki keahlian dalam mendesain. Jelaskan kepada mereka maksud, tujuan dan keuntungan yang didapat kedua belah pihak. Jelaskan kepada mereka tentang kerjasama Pre Order anda. 
  • Kedua : Buat Desain yang bagus-bagus dan sangat menarik, yang bisa meyakinkan pemilik konveksi. Buatlah minimal 10 desain. Usahakan menjual kaos dengan satu tema misalnya kaos sepak bola, pecinta blogger dll. Tujuannya agar anda nantinya mudah dalam proses marketingnya. 
  • Ketiga : Membuat Media promosi yang baik. Misalnya menjual secara online. Anda bisa promosi di media sosial, forum-forum yang sesuai dengan tema desain kaos anda.
Peluang Usaha Rumah Tangga Bisnis Jualan Kaos Daerah

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah menjadi dropshir. Yaitu menjual kaos milik orang lain. Jadi anda hanya modal promosi. Keuntungan yang anda dapat tergantung dari hasil penjualan anda. 

Itu adalah cara yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis kaos daerah jika kesulitan modal. Berikut dibawah ini kami paparkan cara memulai usaha menjual kaos daerah dimulai dari Persiapan, Pelaksanaan, Pemasaran, Hambatan, dan Analisis Usaha :
Persiapan
  • Mencari atau menjalin kerjasama dengan tempat belanja kaos. Sebaiknya anda membeli langsung dari produsen untuk mendapatkan harga lebih murah
  • Mempersiapkan modal apakah cukup untuk membuka sendiri atau harus meminjam.
  • Survei harga sangat diperlukan untuk mengetahui harga pasaran kaos di daerah wilayah tempat anda.
Pelaksanaan
  • Mencari tempat pemesanan kaos di daerah yang menjual kaos secara grosiran, misalnya konfeksi.
  • Melakukan kerja sama dengan agen transportasi untuk mengetahui waktu kunjungan para wisatawan lokal, nasional, dan internasional.
Pemasaran
  • Menjual langsung kepada wisatawan
  • Promosi kepada teman-teman daerah lain. 
  • Menjual secara online melalui media sosial dan toko online
Hambatan
  • Tidak banyak wisatawan yang datang 
  • Tidak Banya wisatawan yang suak kaos daerah 
  • Wisatawan tidak suka dengan desain kaos daerah anda
  • Harga bahan dasar yang tidak stabil dapat mempengaruhi harga jual kaos.
Analisis Usaha
Modal Awal
Peralatan
2 Unit Mesin Jahit           Rp 2.000.000 
1 Unit Mesin Obras           Rp   500.000
1 Unit mesin potong kain     Rp   500.000
Screen untuk Sablon + Cat    Rp   500.000
1 Unit Komputer (desain)     Rp 3.000.000
JUMLAH                                    Rp 6.000.000

Perlengkapan
Bahan Baku Kaos              Rp 3.000.000
Promosi (iklan, pamlet)      Rp   150.000
Lain-lain                              Rp   100.000
Jumlah                                Rp 3.250.000

Perhitungan Laba/(rugi) Per Bulan  
Pendapatan
Asumsi Omset 300 kaos x Rp 25.000 = Rp 7.500.000

Biaya-biaya
Listrik + Air + dan Telepon  Rp   300.000
Upah tukang jahit 2 org      Rp 1.000.000
Upah desainer + Sablon       Rp   750.000
Persediaan bahan baku kain   Rp   500.000 (benang)
Transportasi                 Rp   300.000
Biaya Perlengkapan           Rp 3.250.000
Biaya Tak Terduga            Rp   150.000
JUMLAH                                    Rp 6.250.000

Laba/(rugi) Bersih = Pendapatan ( Rp 7.500.000) - Biaya2 (Rp 6.250.000) = Rp 1.250.000

0 Response to "Peluang Usaha Rumah Tangga Bisnis Jualan Kaos Daerah"

Post a Comment