Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual KREDIT BARANG KEBUTUHAN SEHARI-HARI

Tak semua keluarga mempunyai kondisi ynag cukup karena mereka tak mampunyai penghasilan yang tetap setiap harinya. Terkadang  mereka mendapat penghasilan dalam sehari. Di lain sisi mereka mempunyai kebutuhan sehari-hari yang harus dippenuhi dan mau tidak mau harus mengeluarkan uang dengan sejumlah tertentu utuk menebusnya. Jika Anda seorang ibu yang mempunyai uang tunai berlebih dan ingin memutar modal, taka da salahnya Anda mencoba usaha kredit barang kebutuhan sehai-hari. Dengan demikian, Anda dapat membantu orang lain dalam memenuhi kebutuhan kaum yang kurang beruntung. Selain itu, dengan membuka usaha ini Anda akan mendapatkan keuntungan relative besar, walaupun dalam waktu lama. Tidak semua orang mampu membeli barang secara tunai, apalagi dengan kondisi ekonomi yang tidak menentu serta harga kebutuhan hidup sehari-hari yang terus meningkat. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dalam melakukan bisnis ini adalah persiapan modal untuk menjalankan bisnis, mampu melakukan pencatatan atau administrasi dengan baik, mampu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, mampu menaksir harga antara tunai dengan kredit dan mampu mengatasi kredit macet. Peluang bisnis menjual barang secara kredit dapat dijadikan sebagai salah satu usaha sampingan yang memiliki prospek cerah bagi siapapun termasuk ibu-ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan. Hambatan yang dialami dalam bisnis ini antara lain terlambat pembayaran dan pembayaran tidak konsisten karena banyaknya yang membayar tidak tepat waktu dengan alasan tertentu.
Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual KREDIT BARANG KEBUTUHAN SEHARI-HARI

Persiapan 
  • Persiapan modal
  • Persiapan promosi pada ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumah.
  • Persiapan mengarsipkan administrasi dengan baik.
Pelaksanaan 
  • Melakukan promosi. Sasarannya adalah ibu-ibu rumah tangga sekitar RW/RT di rumah Anda.
  • Membuat system pembayaran. Apakah per hari atau per tiga hari.
  • Melakukan pengontrolan secara berkala. Malas melakukan pengontrolanakan merugikan Anda sendiri karena tidak setiap orang punya inisiatif untuk membayar sendiri.
  • Mempertimbangkan dalam mengadakan variasi jenis barang jika dirasa perlu.
Promosi dan Pemasaran
  • Bisnis ini sangat cocok dengan promosi langsung atau dari mulut ke mulut.
  • Sediakan barang-barang kebutuhan rumah tangga yang paling dibutuhkan seperti alat-alat kebutuhan dapur, sembako, dan sebagainya.
Hambatan
  • Banyak ibu yang kurang tertarik dengan pembelian secara kredit karena dinnilai sama saja seperti menghutang. Mereka lebih suka barang yang dibeli tunai.
  • Tidak konsisten dalam pembayaran. Banyak yang suka terlambat membayar cicilan dengan alas an yang berbagai macam. Dekatilah secara personal ibu-ibu yang suka terlambat dalam pembayaran.
  • Terlambat dalam pembayaran. Berikan sangsi yang ringan pada orang yang dengan sengaja menunda pembayaran.

Analisis Usaha
Modal awal
Perlengkapan
Kantong plastik Rp 50.000,00
Jumlah                 Rp 50.000,00

Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan 
Pembayaran cicilan 5 orang x 30 hari x @ Rp 30.000,00  Rp 4.5000.000,00

Biaya-biaya
Pembelian barang kreditan Rp3.000.000,00
Transportasi                     Rp150.000,00
Biaya perlengkapan             Rp50.000,00
Lain-lain                             Rp100.000,00
Jumlah biaya                     Rp3.300.000,00

Laba/ (rugi) bersih = pendapatan – biaya-biaya
Rp 4.500.000,00 – Rp 3.3000.000,00 = Rp1.200.000,00

1 Response to "Peluang Bisnis Membuka Usaha Menjual KREDIT BARANG KEBUTUHAN SEHARI-HARI"

  1. perhitungannya terlalu optimis, barang senilai 3jt dikreditkan seharga 4.5juta. lebih mahal 50 persen dalam sebulan???

    ReplyDelete