INSPIRASI BISNIS: Celengan dari Limbah Karton Beromzet Jutaan Rupiah

Seorang ibu-ibu di kelurahan Sukamaju kecamatan Sako kota Palembang, memiliki trik jitu agar membuat anak-anak gemar menabung, dirinya membuat celengan yang unik dari daur ulang karton bekas dan stiker animasi yang akrab dengan anak-anak. Bahkan hasil penjualan celengannya beromzet jutaan Rupiah per bulan. Di sebuah rumah sederhana di kompleks Griya Permata Hati Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako, Palembang inilah, Rani Hartanti seorang ibu rumah tangga empat orang anak, menekuni usahanya membuat celengan berbahan karton bekas dari sisa limbah percetakan. 

Dibantu satu orang tetangganya, Rani terlihat begitu serius membuat celengan dari bahan karton yang dipadukan dengan stiker animasi untuk dibuat menjadi celengan yang unik. Dengan mendapat dukung dari sang suami Sopianto yang ikut terjun menggeluti usaha produksi celengan dari bahan bekas karton limbah percetakan, yang sudah menggeluti usahanya ini selama 4 tahun terakhir. Biasanya karton limbah percetakan ini mereka peroleh dari sejumlah percetakan yang ada di kota Palembang. “Timbulnya keinginan membuat celengan dari limbah percetakan bermula saat adanya kegiatan enterpreneur di sekolah anak, yang melatih anak untuk berwirausaha,” ujar Rani. Anaknya meminta agar dibuatkan produk yang berbeda dari produk yang ada kebanyakan, dari sebuah perjalanan mereka melihat banyaknya karton percetakan yang dibuang begitu saja dari sebuah percetakan. 

Muncullah ide Hartanti untuk membuat celengan dari slongsong limbah percetakan. Yang kemudian dipotong sesuai keinginannya. Untuk menarik minat anak-anak agar gemar menabung dikombinasikanlah stiker-stiker pilihan yang berkarakter dipergunakan untuk membungkus karton tersebut. Bahkan para pembeli dapat memesan stikernya sendiri untuk dijadikan bungkus celengan. Harga yang ditawarkan pun variatif murah dan terjangkau, untuk harga satuan celengan ini di jual dengan harga Rp10 ribu, sementara untuk reseller dijual Rp7 ribu per satuannya. Untuk memasarkan hasil kerajinan celengan dari bahan limbah bekas percetakan, Rani membuka gerai sendiri di rumahnya, bahkan terkadang dirinya kerap membuka stand-stand pada acara tertentu. Sumber Artikel Dicopy dari economy.okezone.com

0 Response to "INSPIRASI BISNIS: Celengan dari Limbah Karton Beromzet Jutaan Rupiah"

Post a Comment