Bisnis Rumahan Desain Grafis Freelance Ibu Rumah Tangga

Bisnis Rumahan Desain Grafis Freelance Ibu Rumah TanggaDesain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Usaha desain ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Saat ini desain grafis tidak hanya diterapkan untuk media statis seperti buku, majalah dan brosur melainkan sudah mencakup multimedia dan pengolahan ruang. Bagi orang ingin mencoba menjalani bisnis ini, setidaknya harus mempunyai skill mendesain. Sebuh desain grafis juga membutuhkan kreatifitas tinggi. 

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar dalam menyampaikan informasi atau pesan dengan seefektifnya. Beberapa bidang yang membutukan seorang desain grafis adalah dunia periklanan yang sampai sekarang tinggi permintaan, dunia pengemasan (packaging), perfiliman, internet, bisnis online, properti, alat-alat rumah tangga dan masih banyak lagi. Artinya kebutuhan akan seseorang yang mempunyai skill mendesain sangat diharapkan. Peluangnya masih sangat besar. Beberapa contoh hasil desain dapat dilihat dalam majalah, buku, koran, kartu pos, brosur, logo, selebaran, spanduk, suvenir, kemasan produk, kalender dan masih banyak.

Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat pun menuntut berbagai pihak harus ikut berperan serta dalam kemajuan teknologin tersebut. Kebutuhan untuk promosi dalam setiap industri, bahkan offline dan online harus rela dan sepertinya wajib mendesain yang berhubungan dengan pemasaran agar jauh lebih menarik dimata masyarakat. Lihat saja, setiap perusahaan besar, kecil, pabrik, yayasan, sekolah selalu membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan desain grafis. Cara Meraup Untung dari Peluang Bisnis Penulis Artikel Lepas (Freelance)

So, membuka bisnis ini masih sangat menjanjikan bagi anda. Terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin bekerja dari rumah dan tidak bisa jauh dari anak-anak yang masih kecil. Menurut kami, melihat dari beberapa kantor bergerak dibidang jasa desain grafis tidak harus dipinggi jalan besar atau lokasi strategis. Bahkan ada yang jauh ke gang-gang rumah. Namun, klien-kliennya adalah perusahaan-perusahaan besar dan pemerintahan. Kenapa bisa begitu? 

Kunci suksesnya ternyata adalah desain yang selalu fresh, tepat waktu, fleksibel pada klien. Bagi Ibu yang ingin membuka bisnis di rumah, dan telah memiliki keahlian tersebut. Bisnis ini sangat cocok untuk anda buka dan mulai sekarang juga. Menjadi seorang desainer juga tidak harus membuat anda kerja dikantoran. Akan tetapi anda juga bisa menjadi seorang freelance atau dikerjakan dari rumah atau kapan saja. Peluang Bisnis dan Cara Membuka Usaha Bimbingan Belajar Modal 5 Juta
Bisnis Rumahan Desain Grafis Freelance Ibu Rumah Tangga

Berikut dibawah ini akan kami jelaskan cara membuka usaha desain grafis mulai dari persiapan, pelaksanaan, promosi, dan analisis usaha :

Persiapan
  • Kemampuan atau keahlian yang dibutuhkan untuk menggunakan beberapa program seperti Software, Corel draw, Photoshop, dan lain-lain.
  • Mengasah kemampuan kreatifitas desain sesuai perkembangan zaman
  • Kemampuan untuk menangkap informasi yang diinginkan oleh pelanggan. 
  • Menambah wawasan lebih luas tentang desain grafis, karena pelanggan sering sekali bertanya pendapat anda sebagai desainer.
Pelaksanaan
  • Menetapkan harga kompetitif. Untuk menentukan harga, anda dapat melakukan survei harga secara umum
  • Membuat contoh-contoh desain karya anda
  • Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang membutuhkan jasa desan anda
  • Menghubungi teman-teman atau klien-klien yang pernah memakai jasa anda.
Promosi dan Pemasaran
  • Melakukan Promosi via internet seperti membuat website sendiri sebagai tempat hasil karya anda, media sosial
  • Promosi dengan brosur-brosur, kemudian menyebarkan ke perusahaan-perusahaan, yayasan, dan lain-lainnya.
  • Memberikan diskon untuk beberapa orang pertama yang menggunakan jasa anda. 
Hambatan
  • Kurangnya ide. Mungkin anda bisa mensiasatinya dengan sering jalan-jalan atau ke pameran-pameran
  • Sebagai freelance mungkin lama menerima orderan. Lakukan sistem jemput bola atau tawarkan langsung jasa anda pada kantor, percetakan dengan memberikan hasil-hasil karya desain anda.
Analisis Usaha
  • Modal Awal
Peralatan
Komputer atau Laptop           Rp2.500.000,00 (bisa menggunakan yang bekas)
Printer dan Scanner            Rp  800.000,00
Modem                          Rp  350.000,00
Jumlah                                     Rp3.650.000,00

Perlengkapan
Buku Referensi                 Rp100.000,00
Kertas dan ATK                 Rp250.000,00
Brosur Promosi                 Rp150.000,00
Jumlah Perlengkapan                      Rp500.000,00


Perhitungan Laba/(Rugi) Per Bulan
Pendapatan
Pendapatan pesanan poster dan leaflet    Rp4.000.000,00
Pendapatan Logo                          Rp1.500.000,00
Pendapatan Brosur                        Rp  500.000,00
TOTAL                                                Rp6.000.000,00

Biaya-Biaya
Listrik             Rp500.000,00
Internet            Rp350.000,00
Transportasi        Rp300.000,00
Telepon             Rp200.000,00
Biaya Perlengkapan  Rp500.000,00
Biaya Tak Terduga   Rp150.000,00
Jumlah Biaya                    Rp2.000.000,00


Laba Bersih/(rugi) Bersih = Pendapatan (Rp6.000.000,00) - Biaya2(Rp2.000.000,00) = Rp4.000.000,00

Analisis usaha diatas tidak sepenuh harus sama, anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan anda. Bisa saja anda bisa mendapat lebih dari itu. Jadi jika anda mempunyai banyak ide, menghasilkan desain yang bagus-bagus dan disukai orang. Mungkin penghasilan yang anda dapatkan bisa lebih besar dan harus sudah mempekerjakan beberapa orang untuk membantu anda. Kalau saya lihat dari pengalaman teman-teman yang bekerja sebagai desain grafis freelance, mereka tidak pernah kehabisan pekerjaan. Tapi memang hasil kerjanya sangat bagus. Membuat klien-klien mereka puas.

0 Response to "Bisnis Rumahan Desain Grafis Freelance Ibu Rumah Tangga"

Post a Comment