Cara Meraup Untung dari Peluang Bisnis Penulis Artikel Lepas (Freelance)

Cara Meraup Untung dari Peluang Bisnis Penulis Artikel Lepas (Freelance)Menjadi penulis artikel lepas atau lebih populer disebut sebagai freelance writer saat ini tidak dapat lagi dipandang sebelah mata. Artinya bisnis ini sangat menjanjikan kalau anda benar-benar mengelolanya dengan baik. Memang dalam beberapa tahun yang lalu orang yang bekerja dibidang ini katanya tidak mempunyai uang. Namun kini, bukan hanya sebagai penulis novel yang dapat meraup untung, melainkan siapa saja yang bisa meramu kata-kata dengan menarik. 

Beberapa diantaranya adalah menulis artikel di blog, menulis artikel untuk koran dan majalah. Yang honornya boleh dibilang cukup besar untuk setiap tulisan yang dimuat. Terutama dalam majalah atau surat kabar terkenal sebesar Kompas, Tempo dan lain-lainnya. Teman saya saja honor untuk sekali terbit dari artikel yang di tulis bisa mencapai 500 ribu rupiah. Memang tulisan kita diterima dan diterbitkan harus benar-benar membutuhkan perjuangan keras, tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan teman saya itu sampai ditolak lebih dari 10 kali baru tembus. 

Namun, jika anda tidak berhasil menjadi penulis artikel lepas ke surat kabar besar. Anda bisa menulis untuk para blogger, yang mungkin tingkat kualitasnya tidak seberat majalah populer. Saat ini Indonesia sedang marak dengan membuang uang online dari blog. Semua orang ingin mendapatkan penghasilan secara online, yang katanya hanya dengan membuat blog lalu mengisi artikel akan mendapatkan dollar. 

Kalau saya sih percaya dengan hal itu. Tapi sejujurnya tidak semudah itu, butuh perjalanan panjang dan proses yang panjang juga. 

Sebenarnya apa sih penulis lepas itu? Nah, mungkin jika menjelaskan secara khusus anda bisa browsing sendiri. Tapi secara umum, penulis lepas itu sering juga disebut Content Writer, Freelance, Pembuat artikel dan Jasa pembuat artikel adalah orang yang menulis artikel sesuai pesanan dan menjualnya kepada orang yang memesannya. 

Usaha menjadi penulis lepas saat ini telah terbukti menjanjikan bagi siapa saja yang serius menjalankan bisnis online. Untuk harga yang ditawarkan cukup mahal lah. Misalnya harga untuk 100 kata artikel bahasa indonesia sebesar Rp3000, 200 kata sebesar Rp6000, 300 kata sebesar Rp9000 dan untuk 1000 kata sebesar Rp20.000. Dan jika anda pintar dalam bahasa inggris, maka harganya pun semakin mahal. Bayangkan saja jika satu hari anda bisa menyelsaikan 10 artikel yang 200 kata di KALI 6000. Maka penghasilan satu hari anda adalah 60.000 loh hanya dari rumah.

Baca Juga : Peluang Bisnis Penyewaan Buku Atau Rental Komik Modal 7 Juta Rupiah

Bukan itu saja, selain menulis artikel yang dapat dijual. Anda juga bisa menulis untuk blog atau website anda sendiri. Yang bisa juga dikonversi menjadi dollar. Untuk keterangan lebih lanjut anda bisa mencari sendiri, tentang google adsense.
Cara Meraup Untung dari Peluang Bisnis Penulis Artikel Lepas (Freelance)

Berikut dibawah ini akan kami paparkan cara meraup untung dari bisnis menjadi penulis artikel lepas atau freelance writer, dimulai dari persiapan, pelaksanaan, promosi dan analisis usaha :

Persiapan
  • Persiapkan alat-alat seperti komputer atau laptop, pena, pensil, kertas dan sejenisnya. Bila perlu sebuah modem untuk menghubungkan anda dengan internet. Tapi, kalau tidak memilikinya jangan buat itu menjadi alasan, karena masih ada rental komputer yang bisa anda pakai.
  • Persiapkan waktu untuk membuat artikel dan cerpen
  • Persiapkan wawasan anda, banyak membaca buku, artikel di internet.
Pelaksanaan
  • Membuat artikel yang menarik untuk dibaca.
  • Mencari informasi media-media yang sesuai dengan thema tulisan anda
  • Terus latihan membuat artikel yang sesuai dengan media penerbitan.
  • Menulis artikel untuk blog sendiri
Promosi dan Pemasaran
  • Membuat blog sendiri dan mengisinya beberapa artikel tulisan anda sendiri dan share di media sosial.
  • Mengirimkan hasil karya anda ke beberapa surat kabar yang kecil. 
Hambatan
  • Suasana hati (mood) yang kadang kurang baik dapat mempengaruhi hasil tulisan seperti kemacetan ide saat menuangkan ide.
  • Waktu yang sering terganggu, karena biasanya penulis membutuhkan waktu sendri.
  • Tulisan anda gagal dipublikasikan
  • Modal Awal
Peralatan
Komputer/ Laptop (bekas)        Rp2000.000
Printer (bisa baru/bekas)          Rp 500.000
TOTAL                                      Rp2.500.000

Perhitungan Laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
4 Artikel x @Rp300.000          Rp1200.000 (kirim surat kabar)
5 Artikel X Rp6000 X30          Rp 900.000 (asumsi)
Total                                      Rp2.100.000,00

Biaya-Biaya
Transportasi                    Rp100.000
Listrik                               Rp 50.000
Modem                           Rp100.000
Biaya tak terduga               Rp200.000
JUMLAH BIAYA                               Rp450.000,00

Laba/(rugi) bersih = Pendapatan (Rp2.100.000) - Biaya2(Rp450.000) = Rp 1.650.000,00

0 Response to "Cara Meraup Untung dari Peluang Bisnis Penulis Artikel Lepas (Freelance)"

Post a Comment