5 Nasihat Sukses Berbisnis di Usia Muda dari Pengusaha Dunia

Tidak semua remaja menjadi berperilak negatif di usia mereka yang masih sangatlah muda. Sebagian dari remaja ini justru telah menikmati sukses dari hasil kerja kerasnya sendiri. Tidak ada pernah kata terlalu muda untuk memulai usaha. Jadi saat kita sudah memiliki kompetensi  yang cukup kenapa tidak segera memulainya. Seperti pengusaha di belahan dunia yang mempunyai umur yagn cukup muda dalam meraih kesusesan. Yang awalnya sudah belajar dalam dunia bisnis. Anak muda kini kian minat memulai bisnis. Menurut survei yang digelar Kauffman Foundation, keputusan untuk memulai bisnis akan meningkat pada orang berusia 18 sampai 21 tahun. Bahkan, tercatat pada tahun 2010, sebesar 25 persen dari jumlah anak muda di seluruh dunia berlomba-lomba menjadi pengusaha (entrepreneur). Mereka mulai menciptakan peluang untuk menjadi pengusaha.

Seperti dilansir dari Lifehack.org, The Global Entrepreneurship melacak tahap awal kegiatan berwirausaha dimulai dengan mengikuti tender atau berjualan. Tapi apakah langkah para pengusaha muda ini sudah benar?. Mengingat mereka belum memiliki banyak pengalaman untuk berbisnis. Berikut lima hal untuk bisa sukses menjadi wirausahawan atau pengusaha di dunia:

1. Memanfaatkan peluang

5 Nasihat Sukses Berbisnis di Usia Muda dari Pengusaha DuniaSaat menjadi mahasiswa, Anda mungkin masih kesulitan untuk menemukan jenis bisnis yang cocok dan berguna. Kenyataannya, banyak fakta menyebutkan, melalui pendidikan justru Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berinvestasi atau berwirausaha. Syaratnya, Anda harus fokus pada kebutuhan dan mencari solusi atas satu masalah menjadi peluang usaha.

2. Pakai inisiatif dan kerja keras

Dengan bekerja keras Anda akan menjadi sukses. Seorang pengusaha memang perlu melihat peluang dan kemudian mengambil kesempatan untuk mengisi kebutuhan itu. Anda harus memiliki inisiatif untuk melakukan usaha.

3. Memanfaatkan orang yang membantu

Tidak ada usaha yang berhasil tanpa bantuan orang lain. Namun, Anda harus memilih orang yang tepat. Pengusaha sukses harus tahu cara memanfaatkan kekuatan orang lain untuk membangun kredibilitas dan keberhasilan Anda.

4. Bekerja karena hobi

Anda dapat memanfaatkan hobi untuk menjadi bakat alami. Sebab orang sukses tahu apa yang harus mereka lakukan dan menemukan apa yang disukai. Pengusaha sukses pun dapat melakukan apa yang mereka cintai.

5. Beradaptasi

Pengusaha sukses tidak hanya mengambil inisiatif, tetapi juga membuat keputusan yang tepat dan menyesuaikan dengan orang yang tepat. Teruslah beradaptasi, dengan begitu akan meningkatkan dan dapat menempatkan Anda menjadi orang sukses.

Langkah-langkah memulai usaha sejak usia muda : 
Lakukan yang Anda Suka - Yang di lakukan pertama kali Anda harus menyukai apa yang Anda lakukan, jadi pilihlah ide bisnis yang sesuai dengan kesukaan anda. Karena hal yang anda sukai tidak membuat anda cepat bosan karena anda menyukai hal tersebut. 
Lebih Luas Dalam Berpikir Tentang Bisnis - Setiap langkah besar selalu mulai dari langkah pertama dengan memulai hal yang kecil, kita punya cukup waktu untuk belajar dan terus mengembangkan hingga menjadi besa. Dan mempertahankan hingga menjadi bisnis yang besar. 
Biasakan Berpikir dan Berkata Positif - Berpikir dan berkata positif merupakan langkah awal untuk menjadi orang sukses. Dengan demikian kita bisa menghadapi semua masalah dalam hidup dengan sikap yang lebih positif yaitu tentang hal-hal yang baik atau bermanfaat. 
Ambil Peluang Bisnis di Depan Mata - Untuk tahap awal, sebaiknya jangan mencari peluang terlalu jauh dari jangkauan anda, karena bisnis akan datang dengengan sendirinya bila ada kesempatan. Siapa yang cepat dia yang dapat. 
Temukan Mentor/Pembimbing - Bertemanlah dengan pengusaha di sekitar anda atau pimpinan bisnis yang berhasil. Jadikan mereka panutan untuk usaha Anda yang masih kecil, pembimbing ini akan membuat Anda mengerti resiko dan tentang usaha.Dan membuat anda lebih mengerti dalam merintis bisnis. 
Manfaatkan Dunia Maya - Sekarang ini merupakan jamannya internet. Carilah informasi sebaik mungkin di dunia maya yang berguna untuk inspirasi anda dan memotivasi anda untuk berusaha untuk memulai bisnis. 
Jadilah Radikal - Pada usia muda  pikiran masih segar, asli dan penuh energi. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang orang lain belum pernah lakukan sebelumnya. Ciptakan barang baru atau cara pelayanan baru yang tidak disangka-sangka oleh perusahaan yang sudah berjalan lebih dulu. 
Lakukan Yang Terbaik - Menjadi Pengusaha adalah langkah awal kita dalam meraih kesejahteraan. Berbuatlah yang terbaik agar mampu memberi manfaat pada orang banyak. Pastikan anda melakukan hal yang terbaik dalam diri anda 
Jangan Kerjakan Segalanya Sendiri, Carilah Partner Bisnis Yang Sesuai - Partnership dalam berbisnis adalah salah satu piliha yang sangat baik karena. makin banyak yang berpikir di dalam bisnis kita maka, makin cepat roda bisnis kita akan bergulir hingga menjadi bisnis yang besar. Karena dengan partner anda  bisa bertukar pikiran satu sama lain sehingga anda tidak pusing sendiri memikirkan bisnis itu. Kalian juga bisa kerjasama dalam memperoleh modalnya 
Keberanian Diri - Salah satu masalah yang dapat mempengaruhi pengusaha mudah adalah hambatan nyali. Jangan membandingkan diri dengan pengusaha yang jelas-jelas jauh lebih sukses dari anda, yang telah menghasilkan uang banyak dalam waktu yang singkat. Hal ini sering  membuat anda kehilangan kepercayaan diri, ingatlah Anda tidak sedang berlomba-lomba dengan mereka tetapi dengan diri sendiri. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan pada hari ini dan mulailah jangan biarkan waktu anda terbuang.(Sumber Langkah2 Memulai Bisnis Sejak Usia Muda dari finansial.bisnis.com)

0 Response to "5 Nasihat Sukses Berbisnis di Usia Muda dari Pengusaha Dunia"

Post a Comment