Untung Besar dari Peluang Bisnis Jus Buah Segar Buat Ibu Rumah Tangga

Untung Besar dari Peluang Bisnis Jus Buah Segar Buat Ibu Rumah TanggaJus buah adalah buah-buahan yang dilumatkan dengan tangan atau mesin menjadi cairan yang berisi saripati untuk diminum dimana memiliki manfaat bagi kesehatan. Kenapa Jus Buah? Salah satunya karena manfaatnya banyak bagi tubuh manusia, sehingga cocok dibuat menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Selain itu usaha ini sangat cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga dan dibuat sebagai usaha rumahan.

Jus buah merupakan minuman ringan menyegarkan. Jus buah pun dapat dibuat dengan berbagai olahan. Karena kegunaannya yang banyak bagi manusia, siapapun bisa meminumnya dan menyukainya. Sehingga bisnis ini sangat populer jika dibandingkan dengan bisnis yang lainnya. Walaupun di Indonesia ada musim hujan, jangan takut usaha menjadi sepi. Karena buahan-buahan dapat dimakan dengan berbagai cara, dan kapan saja. 

Selain itu,perkembangan zaman yang semakin pesat cenderung menjadikan orang-orang lebih memilih produk yang dapat dikonsumsi secara instant dan praktis. Kita lebih suka makanan dan minuman yang siap makan atau cepat saji. Juga saat ini orang-orang lebih suka membuat jus daripada makan secara langsung. 

Peluang bisnis jus buah adalah salah satu usaha yang dapat dijadikan bisnis musiman, bisnis sampingan dan bahkan sebagai usaha untuk meraup untung besar. Membuat jus buah pun terbilang mudah dan murah. Selain itu alat-alat yang dipergunakan pun cukup sederhana. Tapi walaupun terbilang mudah dan modal kecil, usaha ini tidak boleh dijalankan main-main. Perlu juga strategi yang tepat agar berhasil. Selain itu, selalu ingat bahwa banyak juga orang yang membuka usaha yang sama. Jadi jangan sampai karena satu kesalahan, bisnis anda harus tutup sebelum berumur setahun. 

Jika bisnis ini dibuat sebagai usaha sampingan, anda boleh memulainya dari rumah jika tempat tinggal anda didaerah yang padat penduduknya, jika tidak bisa juga pakai gerobak kecil di pinggir jalan. Tapi jika memang benar-benar memulai bisnis sebagai usaha utama. Sebaiknya memang mencari lokasi yang strategis, seperti dipinggir jalan besar, daerah sekolah, daerah kampus, daerah perkantoran dan daerah instansi negara.
Untung Besar dari Peluang Bisnis Jus Buah Segar Buat Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga, bisnis jus buah segar ini sangat cocok karena sangat simple dapat dibuka dirumah tanpa perlu mengabaikan tugasnya mengurus anak-anak. Apalagi saat ini cuaca makin panas, meminum jus adalah salah satu alternatif yang tepat menyegarkan dan menyehatkan tubuh.

Berikut dibahwa ini kami paparkan cara memulai bisnis jus buah dimulai dari persiapan, pelaksanaan, promosi dan analisis usaha :
Persiapan
  • Mempunyai modal uang untuk menjalankan usaha ini
  • Menyediakan peralatan yang dibutuhkan seperti blender, gelas, sedotan, plastik pembungkus, wadah es batu, es batu
  • Mencari toko buah-buahan dengan harga yang lebih terjangkau
  • Mencari lokasi strategis dan gerobak (jika buka dipinggir jalan)
Pelaksanaan
Dalam pelaksanaannya, berjualan jus buah segar sebenarnya tidaklah rumit. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mompreneur :
  • Menyiapkan buah-buahan yang segar, buah-buah pendukung, dan alat-alatnya
  • Mempersiapkan es batu ditempat
  • Mempersiapkan gelas-gelas, plastik, sedotan, dan lainnya. 
Promosi dan Pemasaran
  • Sebenarnya promosi dan pemasaran untuk jualan jus buah tidak sulit, karena bisnis ini terbilang bisnis sepanjang massa. Mulut dari mulut pun sudah bisa, selain itu ditambah menggunakan promosi melalui sosial media, dan membagikan brosur-brosur ke daerah sekolah, daerah kampus atau perusahaan-perusahaan.
Hambatan
Memang setiap bisnis selalu ada hambatan yang dijumpai. Berikut beberapa hambatan yang ditemui pada usaha jus buah:
  • Jus buah kurang laku yang mengakibatkan buah busuk dan tidak segar lagi.
  • Jus buah kurang enak sehingga konsumen tidak datang lagi
  • Saingan yang semakin banyak dan pesaing yang suka menggunakan cara curang.
Analisis Usaha
Modal Awal
Peralatan
Blender 2 Buah        Rp 600.000
Kabel Rol             Rp 100.000
Gelas                 Rp 150.000
Spanduk               Rp  50.000
Jumlah                           Rp 900.000

Perlengkapan
Kantong Plastik       Rp 25.000
Plastik Es            Rp 50.000
Gelas Plastik         Rp 50.000
Sedotan               Rp 25.000
Es Batu               Rp 30.000
Jumlah                           Rp 180.000

Perhitungan Laba/(rugi) Per Bulan
Pendapatan
25 Gelas/ hari x Rp 5.000 x 30 hari   Rp 3.750.000

Biaya-Biaya
Buah-buahan           Rp 1.000.000
Gula Pasir 1Kg/hr     Rp   240.000  (Rp 8000 x 30)
Listrik               Rp   100.000
Susu Kental           Rp   130.000  (Rp 13.000 x 10 untuk 1 bulan)
Transportasi          Rp   100.000
Biaya Tak Terduga     Rp   100.000
Biaya Perlengkapan    Rp   150.000
Jumlah Biaya                     Rp 1.820.000

Laba/(Rugi) Bersih = Pendapatan (Rp 3.750.000) - Biaya2 (Rp 1.820.000) = Rp 1.930.000

Perkiraan diatas bisa saja berubah, tidak harus seperti itu. Hitungan-hitungan diatas bisa berubah sesuai harga peralatan, biaya-biaya dan lain-lainnya. Keuntungan bisa juga anda dapatkan lebih besar apalagi jus buah anda ditunjang oleh rasanya yang enak, pelayanan oke, dan harga terjangkau. Kalau diatas kami buat pendapatan 25 gelas sehari, mungkin anda bisa mendapatkan 50 gelas. Nah, kalikan saja berapa profit yang anda dapatkan per bulan. 

0 Response to "Untung Besar dari Peluang Bisnis Jus Buah Segar Buat Ibu Rumah Tangga"

Post a Comment