Es Buah adalah salah satu jenis minuman segar yang berbahan dasar buah dicampur dengan potongan-potongan es batu dan susu kental manis. Minuman dingin ini atau juga sering disebut es buah campur merupakan es yang disukai sebagian besar masyarakat yang menyukai kesehatan, tetapi malas makan buah secara langsung. Usaha rumahan ini pun termasuk dalam kategori bisnis jualan minuman dingin lainnya seperti Es Cream, Es Teah, Es Jeruk dan masih banyak lagi hasil inovasi masyarakat.
Melihat tingginya minat masyarakat dari semua kalangan yang menyukai minuman dingin, praktis, menyehatkan membuat para orang yang melihat peluang menjadikannya sebagai bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak melulu dengan es buah biasanya, tapi sudah di modifikasi menjadi lebih menarik, dan tentunya lebih beraneka ragam.
Peluang usaha ini juga tidak terlalu merepotkan, mudah mengolahnya dan membutuhkan modal yang besar. Kalau diperhatikan sih, bahan dasar utamanya harus segar dan lebih dari satu jenis.
Membuat bisnis minuman tidak akan ada hentinya, bahkan akan selalu muncul inovasi-inovasi terbaru. Es buah terdiri dari berbagai isian buah-buahan yang segar, minuman ini sangat nikmat diminum kapanpun. Iya, walaupun lebih cocok dinikmati saat cuaca sedang terik.
Baca Juga : Untung Besar Peluang Usaha Minuman Sekoteng (Analisis Usaha dan Cara Membuat Sekoteng)
Baca Juga : Untung Besar Peluang Usaha Minuman Sekoteng (Analisis Usaha dan Cara Membuat Sekoteng)
Berikut adalah cara membuka usaha berjualan es buah dimula dari persiapan, pelaksanaan, promosi & pemasaran, hambatan dan Analisis Usaha :
Persiapan
- Menyiapkan alat-alat pendukung bisnis, misalnya lemari es, membuat es batu atau jika tidak mencari penyedia es batu.
- Mempersiapkan persediaan buah segar (mencari toko buah yang bisa memberi harga lebih murah)
Pelaksanaan
- Mencari tempat-tempat yang menyediakan buah segar. Cohtoh di pasar rakyat, depan sekolah, depan kampus depan pabrik dll
- Memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau banyak orang
- Melakukan promosi kepada sasaran konsumen
Promosi dan Pemasaran
- Untuk promosi dan pemasaran dapat dilakukan dari mulut ke mulut dimana cara ini masih lebih cepat. Kemudian disusul menyebarkan berupa brosur pada orang-orang yang lewat disekitar tempat anda berjualan
Hambatan
- Jika kualitas dan rasa es buah sama dengan yang sudah ada mungkin akan kurang laku.
- Saingan banyak, sehingga anda harus mempunyai rasa khas sendiri yag tidak dimiliki pesaing
- Buah tidak laku akan membusuk, jadi harus punya lemari es agar kesegaran tetap terjaga
Baca Juga : Peluang Usaha Es Lidah Buaya dan Analisis Usaha
Analisis Usaha
Modal Awal
Peralatan
Sewa Kios Rp 2.000.000
Blender 3 Buah Rp 1.500.000
Kulkas Rp 2.000.000
Gelas Rp 200.000
Jumlah Rp 5.700.000
Perlengkapan
Kantong Kemasan Rp 50.000
Kantong Plastik Rp 25.000
Sedotan Rp 25.000
Jumlah Rp 100.000
Perhitungan Laba/(rugi) per bulan
30 hari x Rp 3.000 x 50 bungkus Rp 4.500.000
Biaya-Biaya
Persediaan Buah Rp 1.500.000
Susu + Gula Rp 300.000
Listrik + Air Rp 300.000
Transportasi Rp 200.000
Biay Perlengkapan Rp 100.000
Biaya Tak Terduga Rp 300.000
Jumlah Biaya Rp 2.700.000
Laba/ (rugi) bersih = Pendapatan (Rp 4.500.000) - Biaya2 (Rp 2.700.000) = Rp 1.800.000
Perhitungan diatas tidak selamanya sama, anda bisa mengurangi biaya-biaya modal usahanya dan mungkin menaikkan sedikit harganya. Kalau di daerah SUMUT, satu gelas harganya saja sudah 5000 rupiah. Hitung saja, apalagi, tempatnya anda berjualan strategis.
Baca Juga : Peluang Usaha Beternak Burung Kenari dan Analisis Usaha
Baca Juga : Peluang Usaha Beternak Burung Kenari dan Analisis Usaha
Kalo pake ice maker sendiri buat jualan es buah kira kira rugi ga ya gan?
ReplyDelete