Peluang Bisnis Antar Jemput Anak-Anak sekolah

Apabila Anda mempunyai mobil pribadi yang jarang digunakan, tidak ada salahnya Anda menjalankan bisnis antar-jemput sekolah. Apalagi kalu rumah Anda terletak di daerah perumahan yang lokasinya agak jauh dari sekolah. Biasanya, di daerah perumahan seperti ini sebagian besar orang tuanya bekerja. Mereka haarus berangkat kerja pagi-pagi dan pulang sore atau malam hari sehingga anak mereka yang masih bersekolah pastinya membutuhkan jasa anter-jemput sekolah anak. Target konsumen jasa antar jemput anak sekolah bisa dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal Anda.  Misalnya anak-anak tetangga, lalu bisa juga teman-teman sekolah anak  Anda. Punya uang saja tidak cukup, kita harus tetap punya gairah untuk sukses dalam bisnis, komitmen untuk bekerja keras dan profesional. Setiap tahun ajaran baru, para orangtua (ibu/bapak) pasti memilih sekolah yang memiliki kelebihan fasilitas yang dijanjikan oleh penyelenggara pendidikan tersebut, salah satunya seperti fasilitas antar jemput anak sekolah. Bisnis antar jemput anak sekolah ini merupakan bisnis yang menguntungkan karena proses dan cara memulainya tidak terlalu rumit. Dalam menawar jasa kita, bisa menggunakan cara brosur yang disebarkan pada para orang tua murid. Selain menggunakan brosur, mungkin kita bisa mengajak dari pihak sekolah melakukan kerjasama. Dengan cara pihak sekolah menawarkan para orangtua siswa supaya menggunakan jasa angkutan kita.
Peluang Bisnis Antar Jemput Anak-Anak sekolah

Persiapan 
  • Belajar mengendarai mobil apabila belum bisa mengendarai.
  • Membuat SIM.
  • Tentukan track dari usaha antar jemput kita. Hindari jalur-jalur macet. Seandainya memang harus melewati jalur tersebut jadeal penjemputan harus dibuat lebih awal/pagi. Hal ini harus ditegaskan kepada orang tua murid supaya tidak terlalu lama menunggu.
Pelaksanaan 
  • Pegang komitmen awal untuk menyediakan servis yang memuaskan.
  • Selalu ontime dalam mengantar jemput anak sekolah.
  • Jalin hubungan dan komunikasi dengan anak-anak pengguna jasa dan orang tuanya untuk mencegah kesalah pahaman.
  • Pantau kondisi mobil dan surat-suratnya. Misalnya, kebersihan mobil dan interior, oli, tune-up, STNK, dan SIM pengemudi.
  • Jalin komuikasi dengan pihak sekolah, karena selanjutnya kita akan banyak berhubungan dengan pihak sekolah.
Promosi dan Pemasaran
  • Ada beberapa sekolah yang mengorganisasikan mobil-mobil yang akan melakukan layanan ini. Segera hubungi administrasi calon sekolah tempat usaha Anda dan daftarkan diri Anda.
  • Promosi dengan menyebarkan pamphlet atau brosur ke sekolah-sekolah atau ke perumahan.
  • Promosi dari mulut ke mulut meupakan salah satu promosi yang efektif. Kualitas mobil. Sediakanlah mobil yang nyaman untuk ditumpangi anak-anak , jika perlu ber-AC dan setiap hari memutar lagu anak-anak.
  • Sasaran pemasaran. Cari sekolah-sekolah yang membutuhkan jasa angkutan anak sekolahan, tidak semua termasuk sekolah elit yang membutuhkan jasa ini.
Hambatan 
  • Sebagai besar orang tua yang telah mempunyai supir pribadi untuk mengantar dan menjemput anak-anak mereka.
  • Banyak saingan jasa antr-jemput yang sudah lebih dulu beroperasi.
Analisa Usaha
Modal awal
Peralatan
Diasumsikan mobil yang akan digunakan dalam bisnis antar-jemput sekolah anak sudah tersedia, maka bisnis ini tidak mempunyai penyusutan peralatan atau modal awal.

Perlengkapan
Kartu nama                  Rp25.000,00
Promosi (iklan,proposal)  Rp75.000,00
Jumlah                          Rp100.000,00


Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
10 anak x Rp 300.000,00   Rp3.000.000,00

Biaya-biaya 
Bahan bakar          Rp500.000,00
Lain-lain                  Rp100.000,00
Biaya perlengkapan Rp100.000,00
Jumlah biaya          Rp700.000,00

Laba/ (rugi) bersih = pendapatan – biaya-biaya
Rp 3.000.000,00 – Rp 700.000,00 = Rp2.300.000,00

0 Response to "Peluang Bisnis Antar Jemput Anak-Anak sekolah"

Post a Comment