Penghasilan Besar dari Bisnis Desain Interior Konsultan

Penghasilan Besar dari Bisnis Desain Interior Konsultan  - Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Memulai dan membuka usaha di bidang jasa mungkin cocok dengan skill atau keahlian anda. Selain itu, usaha desain interior bisa jadi bisnis modal kecil dengan penghasilan besar. Kenapa bisnis ini tak perlu modal yang besar? Karena modal utamanya ada pada anda sendiri, iya jika anda adalah orang yang ahli dalam bidang desain. Tapi memang usaha ini disarankan bagi yang punya skill di bidang ini, karena akan sulit menjalankannya walaupun anda mempekerjakan karyawan yang sangat handal. Walaupun ada beberapa yang berhasil. Namun setidaknya, anda mengerti sedikit.

Memiliki minat dan bakat dalam bidang tertentu jelas merupakan modal tersendiri dalam membuka sebuah usaha. Jadi jika anda punya skill, manfaatkan lah itu menjadi sebuah peluang yang menguntungkan. 

Jadi jika anda punya minat yang tinggi dalam menata ruang, rumah menjadi lebih menarik, perkantoran, apartemen, hotel dan tempat lainnya. Penataan interior juga mempengaruhi efisiensi penghuninya dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sehingga keterampilan anda sangat dibutuhkan karena makin banyak orang menyadari pentingnya seorang konsultan desain interior hunian dalam menunjang kehidupan mereka.

Selain itu, pertumbuhan bisnis properti semakin pesat beberapa tahun belakangan ini tidak hanya memberikan berkah pada pengembangnya dan perusahaan kontruksi tapi juga bagi penyedia jasa konsultan desain interior. Jadi tidak heran bila permintaan jasa konsultan dan pembuatan desain interior semakin hari semakin tinggi, dan ini akan terus meningkat. Sehingga sangat besar peluangnya bagi anda yang memiliki skill desain. 

Dalam menjalankan bisnis jasa desain, sasaran pasar yang bisa anda targetkan sangatlah luas. Untuk saat ini anda bisa membidik masyarakat kalangan menengah keatas yang lebih memilih menggunakan jasa desain untuk mempercantik tempat tinggannya, menjalin kerjasama dengan perusahaan, perkantoran, hotel, perumahan, apartemen dan tempat usaha lainnya.
Dalam penataan ruang interior hal-hal yang terkait seperti :
bisnis desain interior, peluang usaha desain interior


  • Furniture
  • Cermin
  • Lukisan
  • Armatur Lampu
  • Tanaman Indoor
  • Partisi 
  • Cat Dekoratif
  • Wallpaper, dll


Berikut adalah dibawah ini cara membuka usaha desain interior konsultan dimulai dari Persiapan, Pelaksanaan, Promosi & Pemasaran, Hambatan dan Analisis Usaha
Persiapan
  • Jelas anda wajib menguasai skill sebagai desainer interior, baik dari pendidikan formal atau informal maupun secara otodidak, bila perlu membeli buku-buku untuk menambah wawasan anda tentang desain interior.
  • Manfaatkan internet sebagai media informasi dan pemasaran.
  • Mencari mentor sebagai pembimbing, untuk mengajari anda tentang seluk beluk dunia desain interior (jelas yang siap dan berpengalaman)
  • Mencari daftar  dan menuliskan calon - calon konsumen yang bisa membutuhkan jasa konsultan desain interior dimulai dari kenalan, orang terdekat dan lainnya.

Pelaksanaan
  • Menentukan berbagai harga yang cocok untuk pekerjaan desain interior.Harga bergantung pada bangunan seperti apa yang akan dirancang. Jenis rumah biasa pasti berbeda dengan hotel atau perkantoran.
  • Berani menawarkan jasa anda kepada pihak yang membutuhkan, buat beberapa contoh desain yang akan memperkuat daya tawar usaha anda.
  • Memanfaatkan internet untuk menambah pengetahuan dan ispirasi.

Promosi dan Pemasaran
  • Lakukan pemasaran dengan cara "word of mouth" yang konvensional namun terbukti ampuh
  • Menghubungi relasi atau kolega (setidaknya sebagai promosi awal)
  • Mengikuti berbagai pameran desain interior
  • Memanfaatkan jejaring sosial sebagai media promosi, dan sangat disarankan anda membuat website, blog sendiri untuk memajang contoh-contoh hasil desain anda.

Hambatan
  • Pemesanan yang relatif, hal ini akan meguji cara marketing dan promosi anda, coba dilakukan dengan jemput bola dan tidak pilih-pilih order.
  • Masih kurang pengalaman,hal ini bisa diatasi bila anda memiliki relasi dengan profesi yang sama dan saling bertukar pikiran,jam terbang memang menentukan.

Analisis Usaha
Modal Awal
Peralatan
1 Unit Komputer           Rp 5.000.000
1 Unit Printer  Rp 1.000.000
JUMLAH                                 Rp 6.000.000

Perlengkapan
Kartu nama                              Rp 25.000
Promosi (Iklan, proposal)         Rp 80.000
Jumlah                                                     Rp 105.000

Perhitungan Laba/ (Rugi) Per Bulan
Pendapatan
2 x jasa konsultan dalam 1 bulan @Rp 2.500.000

Biaya-Biaya
Telepon + Internet          Rp 250.000
Listrik                     Rp 100.000
Biaya Perlengkapan          Rp 105.000
Transportasi                Rp 250.000
Biaya Tak Terduga           Rp 200.000
JUMLAH                                Rp 905.000

Laba/ (rugi) Bersih = Pendapatan (Rp 5.000.000) - Biaya2 (Rp 905.000) = Rp 4.095.000

NB : Perhitungan diatas adalah contoh perhitungan saja. Silahkan  disesuaikan dengan kondisi dan lokasi dimana tempat usaha anda berada

0 Response to "Penghasilan Besar dari Bisnis Desain Interior Konsultan"

Post a Comment