Peluang Bisnis Membuka Usaha Jualan Cinderamata

Apabila lokasi rumah Anda berkaitan dengan salah satu objek wisata yang terkenal di daerah rumah Anda. Tidak ada salahnya apabila Anda menjual cenderamata tempat wisata tersebut untuk menambahkan penghasilan keluarga. Semakin kratif Anda membuat cenderamata tersebut semakin besar peluang cenderamata ini dibeli oleh wisatawan, baik local maupun internasional, yang berkunjung ke tempat wisata tersebut sebagai oleh-oleh atau kenangan-kenangan untuk dibawa pulang. Cinderamata seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh ketika seseorang berada di tempat wisata. Sebagai kenang-kenangan dari tempat yang pernah dikunjungi atau bisa juga sebagai oleh-oleh bagi teman atau saudara di kampung halaman. Walaupun di setiap tempat pariwisata pasti ada orang yang menjual cinderamata namun itu bukan masalah. Anda tetap bisa bersaing secara sehat dalam hal menjual cinderamata ini. Anda bisa menciptakan sesuatu yang unik dan kreatif yang berbeda dengan toko-toko pesaing anda. Setelah anda mantap untuk memulai usaha cinderamata ini, selanjutnya anda perlu mengetahui apa saja yang harus anda siapkan untuk memulai dan menjalankan bisnis ini. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis kerajinan khas pantai adalah meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan kualitas produk yang Anda hasilkan, agar konsumen semakin penasaran dengan produk yang ditawarkan. Ada berbagai macam jenis cinderamata yang bisa dijual. Yang paling umum biasanya adalah berupa gantungan kunci, guci, kap lampu, tempat tissue, dan lain-lain.

Persiapan
  • Pengetahuan akan ciri khas daerah masing-masing yang dapat dijadikan inspirasi, membuat berbagai macam cendramata.
  • Persiapan modal. Tidak perlu terlalu besar, modal selanjutnya bisa Anda tambah dari sebagian keuntungan.
  • Persiapan tempat yang lumayan luas untuk ruang berkreasi.
  • Persiapan SDM reknis. Mengerjakan usaha senderamata, memerlukan SDM yang akan mendukung kelancaran, minimal sebagai pekerja teknis.
Pelaksanaan 
  • Membuat cenderamata dengan jumlah standar. Jangan menargetkan terlalu banyak andaikata Anda belum sanggup untuk mengatasinya.
  • Memperluas jaringan Anda.
  • Mendahulukan pembuatan cenderamata untuk pemesanan dibandingkan produk untuk persediaan saja.
  • Mengatur sirkulasi peredaran produk agar dapat berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membuat pembukuan yang rapi.
    Peluang Bisnis Membuka Usaha Jualan Cinderamata
Promosi dan Pemasaran
  • Jelilah mellihat peluang dan waktu dalam melakukan pemasaran kepada para wisatawan ketika mereka berkinjung ke tempat wisata tersebut.
  • Rajin mengikuti pameran kesenian daerah. Kesempatan sekali untuk mempromosikan kepada banyak orang dalam satu waktu.
Hambatan 
  • Persaingan. Persaingan akan selalu ada asalkan bersainglah secara sehat. Sesekali taka da salahnya apabila Anda bekerja sama dengan pesaing, misalnya dalam hal pengadaan barang
  • Kualitas. Berikan kualitas cenderamata bikin Anda di atas rata-rata. Perkuat sisi-sisi keunikannya, baik dari segi kemasannya maupun bantuknya.

Analisis Usaha
Modal awal
Peralatan
Tempat gantungan aksesoris Rp600.000,00
Etalase                        Rp1.200.000,00
Jumlah                        Rp1.800.000,00

Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 1.800.000,00 – Rp 1.000,00)/4 = Rp 449.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 37.479,00 per bulan.

Perlengkapan 
Persediaan barang awal Rp1.000.000,00
Kantong kemasan         Rp70.000,00
Kantong plastik         Rp 25.000,00
Brosur promosi         Rp25.000,00
Jumlah                         Rp 1.120.000,00

Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Penjualan produk 10 x 30 hari x Rp 10.000,00 Rp 3.000.000,00

Biaya-biaya
Transportasi                         Rp 100.000,00
Biaya perlengkapan                 Rp1.120.000,00
Biaya penusutan peralatan Rp37.479,00
Biaya lain-lain                         Rp 100.000,00
Jumlah biaya                         Rp1.357.479,00

Laba/ (rugi) bersih = pendapatan – biaya-biaya (Rp 3.000.000,00 – Rp 1.357.479,00) =Rp 1.642.521,00


Untuk mendukung perkembangan bisnis yang dijalankan, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran dan promosi sebagai berikut:
  • Membuka kios atau toko kerajinan di sekitar objek wisata pantai maupun di pusat keramaian yang banyak dikunjungi wisatawan. Strategi ini bisa Anda jalankan, karena setiap wisatawan menginginkan kenang-kenangan yang akan mereka bawa pulang ke tempat asalnya.
  • Memperluas jangkauan pasar dengan menjalin kerjasama atau menitipkan produk-produk unggulan Anda di beberapa pusat penjualan souvenir, cinderamata, ataupun toko oleh-oleh yang dikunjungi para wisatawan.
  • Untuk meningkatkan nilai jual produk kerajinan yang dihasilkan, Anda bisa melengkapinya dengan kemasan produk yang menarik. Hal ini penting agar konsumen semakin tertarik dengan produk kerajinan yang ditawarkan dan omset penjualan yang didapatkan pun semakin meningkat tajam.
  • Mengikuti berbagai macam event promosi yang bisa membukakan peluang baru bagi perkembangan bisnis Anda. Misalnya saja mengikuti berbagai macam kegiatan pameran kerajinan, bazar UKM, dan lain sebagainya. Sumber koombis.com

1 Response to "Peluang Bisnis Membuka Usaha Jualan Cinderamata"

  1. Modal materiil memang terkadang menjadi masalah pokok yang paling utama ketika ingin terjun ke dunia usaha, nah bagi anda yang ingin memulai bisnis dengan modal ringan peluang usaha rumahan dengan cara berjualan online patut anda coba.

    ReplyDelete