Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta

Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 JutaBanyak peluang usaha dan bisnis rumahan yang dapat dibuka di rumah sendiri dan dengan modal kecil. Salah satunya adalah membuka usaha toko kelontong. Toko kelontong adalah salah satu usaha rumahan yang dapat dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan anda sebagai ibu rumah tangga. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar dan tidak perlu keahlian khusus, namun cukup menjanjikan. Sebab produk yang dijual adalah barang-barang kebutuhan pokok masyarakat disekitar tempat tinggal. 

Walaupun saat ini tidak sedikit minimarket bertebaran di pinggir jalan kecil atau pinggir jalan besar. Hal itu tidak mempengaruhi pertumbuhan warung kecil atau toko kelontong. Kenapa? Karena warung kecil ini dapat dibuka hingga di gang sempit sekalipun. Bagi ibu rumah tangga yang ingin bisnis sampingan, jenis usaha ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang berpotensi memberikan penghasilan tambahan bagi keluarga anda. 

Baca Juga : Untung Besar dari Peluang Bisnis Jus Buah Segar Buat Ibu Rumah Tangga

Selain itu, anda tidak perlu sibuk untuk membeli barang-barang yang akan dijual. Sebagian besar nantinya, barang-barang tersebut akan secara langsung di datangi oleh distributor. Bisnis toko kelontong seharusnya dapat terus berjalan, mengingat barang yang dijual adalah kebutuhan pokok 

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta

Jika anda memiliki niat untuk membuka usaha toko kelontong, berikut dibawah ini kami akan menjelaskan cara membuka usaha ini mulai dari persiapan, promosi, hambatan membuka bisnis ini, hingga analisis usaha.

Baca Juga : Peluang Bisnis Budi Daya Jamur Tiram dengan Media Baglog dan Analisis Usaha

1) Persiapan
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka toko kelontong adalah :
  • Modal finansal atau uang untuk membeli barang-barang keperluan toko kelontong seperti tempat jualan, meja kecil, lemari dll
  • Menyediakan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat setempat
  • Menyiapkan ruangan khusus di depan rumah tempat berjualan
  • Mencari toko grosir yang termurah untuk menyuplai barang yang akan dijual di toko kelontong anda. 

2) Pelaksanaan
Pada dasarnya jenis usaha ini sangat sederhana dan sangat mudah dilaksanakan. Anda hanya perlu :
  • Menjual produk secara eceran ke masyarakat
  • Membeli barang yang di akan didagangkan. Utamakan yang sering dicari sehari seperti garam, gula, minyak, kopi, kue-kuean, rokok dll.
  • Bersabar menunggu orang datang membeli, terlebih jika sudah ada toko kelontong yang lebih dulu buka. Jadi iya, ciptakan sesuatu yang membuat toko anda layak untuk dikunjungi.
  • Mengecek dan menghitung persediaan barang, jangan sampai kehabisan dan pelanggan harus kembali pulang dan akhirnya pindah ke tempat lain.
  • Mengatur keuntungan, pisahkan laba dan modal awal, jangan sampai menggunakan modal untuk hal-hal yang lain. Jika perlu, untuk mengembangkan dan lebih melengkapi ketersediaan barang anda, gunakan sebagian keuntungan.
  • Membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar atau pelanggan
  • Memberikan jasa pengiriman - tentu jika anda mempunyai waktu sendiri atau memiliki fasilitas untu mengantar barang seperti aqua galon, gas dll.
Promosi dan Pemasaran
Promosi dan pemasaran untuk toko kelontong tidak susah, sangat mudah. Bahkan masih bisa dilakukan secara tradisional seperti mulut ke mulut. Kasih tahu ke keluarga dekat.

Hambatan
Jangan takut, memang walaupun hanya warung kecil digang kecil. Setiap usaha pasti ada hambatan yang kita temui, beberapa diantaranya ;
  • Menghadapi munculnya persaingan dengan toko kelontong lain
  • Kebosanan pastinya akan kita rasakanya karena sifatnya menunggu pembeli datang
  • Keuntungan tidak bisa dipastikan setiap hari, kadang besar kadang juga kecil. Apalagi persaingan makin besar alias ada yang buka lebih besar ditempat sekitar. 
Sebenarnya usaha toko kelontong ini cukup sulit diperkirakan analisis usahanya karena terkadang pengeluaran dan pemasukan tidak teratur setiap hari. Berikut analisis usaha yang dapat kami terangkan ;
  • Modal Awal
Membeli Peralatan      : Rp 2.000.000
Lemari atau rak barang : Rp 1.000.000
Maka Total             : Rp 3.000.000

  • Perlengkapan
Kantong Plastik        : Rp 50.000
Kalkulator             : Rp 50.000
Total                  : Rp 100.000

Perhitungan Laba/ Rugi (dengan asumsi pendapatan rata-rata setiap hari Rp100.000)
Maka Pendapatan Rp 100.000 x 30 hari  = Rp 3.000.000

  • Biaya-Biaya :
Biaya beli barang dagangan   : Rp 500.000
Biaya perlengkapan                : Rp 100.000
Biaya Lain-lain                        : Rp 100.000
Total keseluruhan                                          : Rp 700.000

Maka Laba/rugi bersih = Pendapatan (Rp3000.000 - biaya2 (700.000) =  Rp2.300.000

Maka itu adalah perkiraan keuntungan yang didapatkan jika anda memang mampu mendapatkan keuntungan rata-rata 100 ribu per hari. Jika dilihat dari keuntungan yang didapatkan, tentu itu sudah cukup besar sebagai ibu rumah tangga untuk penambah pendapatan setiap bulan.

1 Response to "Cara Membuka Usaha Rumahan Toko Kelontong dengan Modal 3 Juta"

  1. terima kasih banyak.. sangat bermanfaat.. by admin www.filegirit.blogspot.com

    ReplyDelete