Peluang Bisnis Penyewaan Buku Atau Rental Komik Modal 7 Juta Rupiah

Peluang Bisnis Penyewaan Buku Atau Rental Komik Modal 7 Juta RupiahDibandingkan dengan negara asian lain seperti Jepang, tingkat minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah. Namun walaupun demikian bukan berarti peluang bisnis menyewakan buku pelajaran, novel dan komik masih besar potensinya. Terlebih rental komik, dimana memang memang bahwa masyarakat tanah air lebih suka membaca buku cerita khususnya komik dari jepang dan negara asian lainnya. Tapi pada akhir-akhir ini, banyak muncul komunitas pecinta pembaca buku. Selain komunitas yang suka membaca berbagai jenis buku, mereka juga mendorong agar anak-anak suka membaca buku.

Membuka usaha persewaan buku memang jarang, tapi disinilah peluang yang dapat anda ambil. Apalagi bagi ibu rumah tangga. Sebagai seorang Ibu, bisnis ini sangat cocok dikerjakan. Jaman sekarang pun sudah banyak orang yang mempunyai hobi membaca buku, tapi mungkin karena mahalnya buku bacaan membuat mereka menghentikan minatnya. Selain itu, buku merupakan sarana mencerdaskan kehidupan setiap manusia sekaligus sarana hiburan. 

Pemerintah pun tengah gencar menghimbau para siswa-siswi dan mahasiswa agar gemar membaca. Bahkan dimulai dari sejak dini. Sebab hal ini merupakan salah satu kegiatan positif membuat seseorang bertambah pindah dan menambah wawasan. 

Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh Ibu-Ibu untuk membuka usaha penyewaan buku. Terlebih jika anda salah satu orang yang hobi membaca dan mengoleksi buku. Jadi daripada buku tersebut dijual ke tukang loak, mending disewakan per hari. Kalau saya lihat di daerah ini. Novel saja disewakan 3000 rupiah per tiga hari (ini untuk novel lama). Kalau Novel baru sampai 5000 ribu rupiah. Sementara buku bacaan tidak jauh beda harganya. 

Jika buku yang anda koleksi kurang mencukupi, anda bisa meminta milik keluarga yang lain. Atau mencari dari rumah ke rumah lain dengan membelinya dengan harga murah. Ditambah lagi bila lokasi tempat tinggal anda berada di daerah anak-anak kos, dekat sekolah dan dekat mahasiswa. Asal mampu mengelolanya dengan baik, usaha persewaan buku ini sangat potensial. Usaha ini tidak perlu modal besar, hanya perlu menyediakan ruangan 3 x 3 meter sampai 4 x6 meter. 
sewa buku, bisnis sewa buku bekas, penyewaan buku, persewan buku, peluang bisnis sewa buku bekas

Berikut dibawah ini akan kami paparkan cara membuka bisnis penyewaaan buku atau rental komik, dimulai dari persiapan, pelaksanaan, promosi, hambatan dan analisis usaha:
Persiapan
  • Menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk tempat penyewaan seperti ruangan khusus 4x6 meter (kalau dirumah sendiri, buat diteras rumah)
  • Menyediakan Rak buku, Meja dan bangku plastik
  • Menyediakan buku-buku berupa bacaan, novel, komik dan lainnya.
  • Mencari orang yang mampu menjaga tempat tersebut, lebih baik jika orangnya yang suka membaca buku. Karena biasanya dia akan lebih sayang pada buku dan pintar merawatnya.
Pelaksanaan
  • Menata ruangan dengan buku-buku sesuai genrenya, agar penyewa nantinya lebih mudah mencarinya dan anda pun mudah mengaturnya.
  • Menyediakan buku diatas 400 judul buku
  • Menyiapkan sistem peminjaman, seperti jangka waktu peminjaman, harga dan denda.
Promosi dan Pemasaran
  • Promosi kepada masyarakat dari mulut ke mulut
  • Membagikan brosur langsung depan sekolah atau ke kampus (mungkin bekerja sama dengan sekolah)
  • Menempel pamflet sebagai media promosi yang tahan lama
  • Membagikan informasi melalui media sosial (seperti poto tempat usaha anda dan share di jejaring sosial)
Hambatan
  • Minat baca anak sekolah dan mahasiswa masih kurang dibandingkan orang yang suka main game online
  • Modal yang kurang, mencari buku bekas yang kadang susah.
Analisis Usaha
  • Modal Awal
Peralatan
Lemari atau Rak buku kecil 2 Unit               Rp1.400.000
Pengadaan Buku (Komik, Novel, Gambar, Bacaan)   Rp  600.000 (Baru & Bekas)
TOTAL                                                      Rp2.000.000,00

Perlengkapan
Promosi Spanduk dan Brosur dll                  Rp150.000

Perhitungan Lama/(rugi) Per Bulan
Pendapatan
Sewa Komik Rp 2000 x 30 Buku x 30 hari          Rp1.800.000 (asumsi jika 30 buku dalam sebulan, dan 200 rupian perjudul itu sudah sangat murah)
Sewa Novel + Buku Rp5.000 x 30 Buku x 30 hr     Rp4.500.000
JUMLAH                                                      Rp6.300.000,00

Biaya-Biaya Pengeluaran
Listrik dan Air                                 Rp150.000
Gaji Penjaga (jika harus menggunakan penjaga    Rp750.000
ATK + Membuat Kartu Peminjaman Buku             Rp300.000
Biaya Perlengkapan                              Rp150.000
Biaya tak terduga                               Rp250.000
JUMLAH BIAYA                                                Rp1.600.00,00

LABA/(rugi) Bersih = Pendapatan (Rp6.300.000,00) - Biaya2(Rp1.600.000,00) = Rp4.700.000,00       

Lihat saja keuntungan yang bisa anda dapat, apalagi anda sendiri yang mengelolanya. Makan bisnis ini sangat berpeluang memberikan anda tambahan penghasilan setiap bulan. Bahkan bisa semakin lebih besar, jika anda benar-benar pandai menjalankannya. 

Tips Menjalankan Usaha Penyewaan Buku
  • Lokasi - Agar cepat dikenal, maka pastikan lokasinya ditempat strategis. Seperti di daerah yang padat penduduk, dekat sekolah, dekat kampus, dan daerah anak kos.
  • Kualitas Buku - Pastikan kualitas buku yang disewakan layak untuk dijadikan bacaan dan buku referensi. Usahakan membeli buku yang baru terbit, walaupun hanya satu saja dulu. Setelah itu langsung buat sampulnya dengan plastik agar tahan lama.
  • Koleksi - Usahakan agar koleksi buku anda banyak dan tetap update dengan terbitan terbaru
  • Harga Sewa - Harga sewa jangan terlalu murah dan juga jangan terlalu mahal. Usahakan melakukan riset terlebih dahulu untuk informasi harga sewa buku ditempat lain.
  • Pelayanan - Pelayanan adalah nomor satu, tetaplah ramah pada pelanggan anda. Bila perlu usahakan anda sedikit mengetahui sinopsis tentang beberapa buku yang sedang tren untuk membuat para pembaca tertarik dan penasaran.

0 Response to "Peluang Bisnis Penyewaan Buku Atau Rental Komik Modal 7 Juta Rupiah"

Post a Comment