WANITA TERPOPULER: 3 Kartini Indonesia Tersukses di Asia

Perlambatan ekonomi global yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ternyata tidak berdampak besar pada penurunan kegiatan bisnis beberapa perusahaan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan, khususnya pebisnis Tanah Air, terdapat beberapa wanita CEO yang berhasil membawa perusahaannya masuk ke jajaran Top Asia. Sebagaimana dilansir majalah Forbes, wanita saat ini memang memegang peranan penting dalam membangun perusahaan untuk dapat keluar dari krisis. Berdasarkan data yang dirilis pada Maret 2016, saat ini 24 persen wanita memegang peranan sebagai pebisnis senior di berbagai negara.

Di Asia, Filipina memiliki proporsi wanita dengan jumlah tertinggi sebagai pebisnis senior di perusahaan, yaitu mencapai 39 persen. Sedangkan di Jepang, persentase wanita pebisnis hanya mencapai 7 persen. Di Indonesia, jumlah wanita yang menjadi pimpinan perusahaan saat ini tak lagi menjadi sesuatu yang langka. Bahkan dari sejumlah pimpinan perusahaan wanita di Indonesia, tiga di antaranya termasuk jajaran pebisnis tersukses di Asia. Mengutip data majalah Forbes, Kamis (7/4/2016), berikut ini tiga wanita pebisnis asal Indonesia yang sukses di Asia: 

1. Shinta Widjaja Kamdani 
WANITA TERPOPULER: 3 Kartini Indonesia Tersukses di Asia
img by economy.okezone.com
Shinta Widjaja Kamdani adalah CEO Sintesa Group Pada 1999, wanita berusia 49 tahun ini mulai mengambil alih kendali bisnis yang dimiliki oleh keluarga besarnya.  Ketika itu, dia melakukan restrukturisasi usaha dengan mengubah nama perusahaan dari Tigakarsa ke Sintesa. Kini Shinta memiliki 17 unit bisnis, mulai produk konsumen, properti, manufaktur, hingga energi. Pendapatan per tahun yang diperoleh bahkan mencapai USD1,2 miliar. Secara keseluruhan, Shinta kini juga mempekerjakan 6.000 karyawan ke seluruh unit bisnis. Saat ini lulusan Barnard College, New York, pada 1989 ini tengah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Dia baru saja dikukuhkan pada Selasa 5 April 2016. Di Asia, Shinta menduduki peringkat 21, sekaligus menjadi wanita Indonesia dengan peringkat tertinggi dalam jajaran wanita tersukses di Asia.

2. Parwati Surjaudaja, 
Parwati Surjaudaja adalah Presiden Direktur dan CEO Bank OCBC NISP Tak banyak wanita yang menjadi CEO di perbankan Asia. Di Indonesia, Parwati Surjaudaja menjadi salah satu pimpinan perbankan yang berhasil menarik perhatian dunia internasional. Wanita keturunan Fujian, China, ini kini telah menjadi Presiden Direktur Bank OCBC NISP.

Jabatan tersebut telah ia duduki sejak Desember 2008. Mewarisi aset perbankan yang dimiliki oleh kakeknya, kini wanita berusia 51 tahun itu berhasil membawa OCBC NISP sebagai bank dengan total aset ke-12 terbesar di Indonesia. Kini, total aset OCBC NISP telah mencapai USD 9,2 miliar. Namun, kini sebagian besar saham OCBC NISP dimiliki oleh Singapura. Total saham yang dikuasai oleh Singapura telah mencapai 86,1 persen. Sedangkan keluarga Surjaudja hanya memiliki 5 persen saham. Sisanya, saham OCBC NISP dilepas ke publik melalui penawaran di pasar modal. Dalam urutan wanita pebisnis tersukses di Asia, Parwati Surjaudaja menduduki peringkat 40 dan menjadi satu-satunya bankir yang menduduki peringkat teratas pebisnis wanita tersukses di Asia.

3. Wendy Sui Cheng Yap 
Wendy Sui Cheng Yap Co-Founder, Presiden Direktur, dan CEO Nippon Indosari Wendy Sui Cheng Yap, putri dari mantan eksekutif Grup Salim Piet Yap ini menjadi wanita terakhir yang berhasil masuk jajaran 50 besar wanita pebisnis tersukses di Asia. Melalui industri makanan, Nippon Indosari, Yap berhasil memperoleh pendapatan sebesar USD121,9 juta pada sembilan bulan pertama 2015. Total pendapatan ini naik 15 persen apabila dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan pendapatan ini tidak terlepas dari keputusan perusahaan untuk melakukan initial public offering (IPO) pada 2010. Kini, Yap tengah mempersiapkan ekspansi bisnis ke Filipina. Menggandeng perusahaan asal Jepang, Monde Nissin Cooperation, Nippon menginvestasikan dana hingga USD6,8 juta untuk membentuk perusahaan makanan patungan di Filipina. Saat ini Yap juga terjun dalam bisnis keluarga lainnya seperti pengelolaan sumber daya alam, hingga real estate. Ekspansi bisnis ini telah berhasil membawa nama Yap tercatat pada peringkat 47 perempuan tersukses di Asia. (Sumber Dicopy dari economy.okezone.com)

0 Response to "WANITA TERPOPULER: 3 Kartini Indonesia Tersukses di Asia"

Post a Comment